flower gif Pictures, Images and Photos

Selasa, 22 Mei 2012

Tanaman Hias Menurut Jenis Pewarna

Soga terutama terkenal karena pepagannya yang, utamanya di masa lalu, diperdagangkan dalam jumlah besar sebagai bahan pewarna. Pepagan soga merupakan bahan utama untuk menghasilkan warna coklat kekuningan pada industri batik di jawa, khususnya pada masa ketika bahan pewarna sintetik masih langka.
Untuk membuat pewarna, pepagan soga dikeping menjadi potongan kecil-kecil dan direbus bersama beberapa bahan lain. Variasi warna diperoleh dengan mengatur komposisi bahan-bahan pencampur seperti pepagan tengar (Ceriops), kayu sejenis Maclura, kayu secang (Caesalpinia), pepagan sejenis tekik (Albizia lebbeckoides), atau bahan-bahan lain.




 

Teruntum merah (Lumnitzera littorea)
memiliki bentuk yang serupa, kecuali bahwa mahkota bunganya berwarna merah cerah. Teruntum merah juga dapat tumbuh besar mencapai tinggi 25 m. Akan tetapi jenis ini tidak pernah dijumpai tumbuh berbarengan dengan teruntum (putih) pada tegakan mangrove yang sama. Sejauh ini belum diketahui penyebab situasi yang ganjil ini.


Baru-baru(Osbornia octodonta) secara sepintas mirip dalam bentuk daun dan bunganya. Akan tetapi jenis terakhir ini daunnya berbau aromatis apabila diremas, duduk daunnya berhadapan, pangkal daunnya dengan noda merah, dan bunganya berbilangan-8.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar